Pages

Cara Membangun Backlink Yang berkualitas Untuk Website Kamu.


Sering kali, mencari cara untuk membangun backlink untuk situs web menjadi sebuah tantangan sekaligus keasyikan tersendiri. Oleh sebab itu, langkah yang tepat sangat dibutuhkan agar situs web kamu benar benar mendapat backlink yang berkualitas.

Seperti kita ketahui bersama, backlink menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi untuk memaksimalkan digital marketing melalui metode search engine optimization (SEO).

Lalu, apa sih backlink itu? Bagaimana cara terbaik untuk membangunnya? Nah, jangan khawatir, berikut kami akan mencoba sharing di sini.

Mari simak baik-baik, ya!


Baca Juga :  Cara Membuat Backlink Berkualitas


Apa Itu Backlink?

Sebelum berdiskusi lebih lanjut mengenai cara membangun backlink yang baik, kita akan membahas sedikit mengenai pengertiannya secara singkat.

Secara umum, Backlink adalah link atau tautan yang dipasang ke salah satu situs web dan mengarah balik ke situs web milikmu.

Bahasa sederhananya, backlink bisa memberi tahu keberadaan situs websitemu lewat situs-situs yang sudah memiliki kredibilitas atau otoritas yang tinggi.

Dalam dunia SEO, memanfaatkan secara maksimal SEO on page dan SEO off page menjadi suatu hal yang penting untuk membuat situs web kamu teridentifikasi berkualitas pada search engine.

Backlink sendiri masuk ke dalam strategi off page yang harus dimaksimalkan sebaik mungkin. 

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang wajib kamu perhatikan dalam membangun backlink yang berkualitas.


Baca Juga : Daftar Situs Web yang Menyediakan Backlink Berkualitas


Cara Membangun Backlink

Setelah kita mengetahui definisi dari backlink, baru kemudian kita bisa mengetahui cara untuk membangunnya:


1. Perhatikan Relevansi Konten

Perlu di ingat, hal terpenting ketika mulai membangun backlink adalah tingkat relevansi tautan yang dibangun dengan situs web.

Berdasarkan keterangan dari  Neil Patel, tingkat relevansi yang semakin tinggi akan semakin membikin backlink-mu semakin berkualitas.

Kita ambil contoh, Situs web mu memiliki niche tentang pendidikan. Kamu sebaiknya menautkan link ke situs pendidikan yang memiliki kredibilitas yang bagus.

Dengan begitu backlink berkualitas akan terbentuk asalkan kamu melakukannya dengan konsisten serta membuat konten yang berkualitas secara berkala. 


2. Gunakan tools backlink

Cara berikutnya untuk bisa membangun backlink dengan baik adalah dengan menggunakan tools backlink atau bisa disebut dengan bantuan pihak ketiga.

Jika pada cara sebelumnya adalah cara natural yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink dari situs lain maka cara yang kedua ini bisa kita sebut dengan cara survey menggunakan tools untuk mendapat data situs web yang sesuai dengan konten kita.

tools backlink yang dimaksud adalah menggunakan alat dari pihak ketiga untuk mengukur tingkat relevansi dari beberapa situs web yang terpercaya dan kemudian kita coba untuk mendapatkan backlink darinya. Beberapa contoh toolnya adalah dengan menggunakan Ahrefs, Ubbersuggest, dan lain-lain. Dari alat tersebut, kamu bisa menemukan blog atau situs web dengan kata kunci yang relevan dengan kontenmu.

Ingat, sebelum melakukan itu kamu juga harus memaksimalkan konten website-mu dengan baik.



3. Manfaatkan content sharing platform

Cara berikutnya adalah memanfaatkan content sharing platform untuk membangun backlink. 

Ada banyak platform yang dapat dipakai sebagai tempat sharing platform, seperti Hipwee, Medium, Reddit, IDN Times, dan lain-lain.

Cara yang kita lakukan adalah membuat artikel dari platform tersebut dan menautkan backlink di dalamnya yang mengarah ke situs web kamu. Tentu saja setelah kita daftar terlebih dahulu untuk menjadi member dari platform tersebut.

Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alangkah baiknya konten yang kamu buat memiliki relevansi dengan isi situs web mu.

Cara ini dapat dilakukan secara konsisten ketika kamu sedang membangun backlink.


4. Melakukan guest blogging

Apa itu guest blogging? Guest Blogging adalah membuat konten atau artikel yang akan dipublikasikan di situs web orang lain.

Kamu dapat membuat sebuah artikel yang kemudian akan di tayangkan di website milik pihak lain. Setelah itu, di dalamnya kamu dapat memasukkan backlink yang mengarah ke situs web kamu.

Cara ini banyak dijadikan jasa dimana ada tarif tertentu dari pemilik situs web yang mempublikasikan konten atau artikel kamu.

Untuk itu, perlu kita riset dulu situs web yang akan memuat konten atau artikel kamu, jika traffic yang dihasilkan dari situs web tersebut tidak terlalu bagus, sebaiknya cari situs web yang lain yang lebih kredibel dan banyak dikunjungi orang.


Demikian penjelasan singkat mengenai cara membangun backlink yang berkualitas. Semoga dapat membantu dalam membangun situs web kamu menjadi lebih baik.

Emka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wa