Pages

Pengertian, Manfaat Dan Cara Membuat Backlink Berkualitas


Apa itu BACKLINK ~Backlink adalah merupakan tautan pada suatu halaman website yang dibuat menuju ke web lain dengan berguna buat seo.

Search engines semacam Google memandang backlink adalah sebagai salah satu elemen untuk mengonfirmasi tentang kewenangan serta keterkaitan dari web kamu.

Backlink dapat pula disebutkan sebagai tanda- tanda kepercayaan web lain atas web kamu. Biasanya backlink hanya akan diberikan ke web yang mempunyai kewenangan serta content sangat dipercaya.

Mempelajari serta memahami ide backlink memang tidak gampang. Kerap kali terdapat syarat dari Google yang membatasi masing- masing gerak- gerik yang dipandang bisa membuat rugi sebagian orang.

Satu diantaranya ialah kehadiran algoritme Google Penguin yang didapuk buat turunkan rangking web dalam jumlah backlink spamming yang tidak berkaitan.

Apa Itu BACKLINK?

Backlink merupakan panggilan untuk memberikan nama suatu link/ link yang ke arah website kita.

Backlink bisa digunakan sebagai rujukan untuk memudahkan pemakai atau bisa hanya untuk kepentingan optimisasi agar website kita lebih populer di mata mesin perayap.

Dari sisi kegunaannya, backlink dipecah jadi 2 jenis, ialah dofollow serta nofollow.

Ke- 2 jenis backlink di atas sesungguhnya sama apabila disaksikan secara kenampakan pada web

Namun, jenis backlink dofollow semakin banyak dicintai sebab memiliki nilai besar di mata mesin perayap, sedangkan jenis nofollow relatif kurang disukai sebab tidak berikan akibat mempunyai makna buat website.

Disaat ini, kebutuhan akan backlink semakin bertumbuh cepat sesuai dengan banyaknya kampanye berbasiskan SEO sebagai salah satunya taktik agar website lebih mudah ditemukan sehingga menarik calon konsumen.

Selain itu, jumlah backlink bermutu yang kamu peroleh dari web lain dapat mempengaruhi posisi website kamu di SERPs( mesin pencari result pages).

Semakin tinggi rangking website Kamu di SERPs, itu akibat semakin bagusnya SEO website itu.

Tipe backlink

Backlink mempunyai banyak jenis, berikut sebagian berbagai yang mungkin bermanfaat buat web Kamu:

  • Guest Post Backlink — terjalin dikala Kamu menulis guest post buat web lain. Ini memungkinkannya Kamu untuk membuat integritas serta kepercayaan website Kamu.
  • Editorial Backlink — back- link natural dari web lain ke web Kamu dalam content bermutu dengan beragam, semacam sitasi, saran, serta sumber kabar.
  • Comment Backlink — terjalin disaat Kamu mengikutkan back- link pada komentar dalam content web lain. Apabila tidak dilaksanakan terlalu berlebih, jenis link ini bisa hasilkan banyak trafik.
  • Do Follow Backlink — backlink dofollow memberitahukan mesin perayap guna memerhatikan backlink ke skor SEOnya.
  • No Follow Backlink — nofollow back- link memberitahukan mesin perayap untuk menyepelehkan backlink itu serta tidak hitungnya ke skor SEO.

Kegunaan Backlink

Selainnya dari sisi SEO, backlink mempunyai banyak guna yang lain. Berikut beberapa keuntungan backlink buat web Kamu:

Tingkatkan exposure website kamu — makin meningkat backlink yang Kamu peroleh dari web lain, berarti akan meningkat juga eksposure yang akan kamu terima dari trafik website itu.

Tingkatkan integritas website kamu — mendapatkan backlink beratrt bahwa website kamu sangat dipercaya dalam menghasilkan content bermutu besar yang pantas dibaca.

Tingkatkan rangking pada SERPs — sama seperti yang sudah diulas diatas, backlink dapat menambah peluang website kamu untuk mendapatkan rangking yang semakin atas di halaman hasil penelusuran.

Mempermudah website Kamu terindeks di mesin pencari — semakin cepat proses pengindeksan di Google, Kalian akan mendapatkan tingkatan visibility tinggi serta traffic organik yang semakin banyak.

Membuat jalinan pada web lain — Backlink memungkinkannya Kamu membuat jalinan yang sama- sama memberikan keuntungan dengan web yang lain mempunyai niche sama.

Cara Mencari Backlink Berkualitas

Terdapat berbagai langkah buat bisa mendapatkan backlink bermutu, baik dengan gratis ataupun berbayar.

Buat langkah mendapatkan backlink secara gratis, Kamu bisa memanfatkan sistem penempatan back link profil, sosial bokmarking, atau guestpost.

Sedangkan untuk langkah mendapatkan backlink bermutu yang berbayar bisa melalui kerja sama konten placement ataupun sponsored post.

Berikut selaku panduan langkah cari backlink bermutu buat memenuhi keperluan website Kamu.

1. Membuat Content yang Unik serta Menarik

Bukan lagi menjadi rahasia umum apabila content yang bagus akan menarik sebagian orang untuk membaca sekaligus merekomendasikannnya.

Maka konsentrasilah buat cari gagasan baru selaku bahan tulisan.

Siapa tahu postingan Kamu jadi rujukan web authority semacam Wikipedia yang terkenal sering berikan backlink bermutu.

2. Aktif Membuat Komunitas atau Pertemanann antar Blogger

Apabila Kamu selaku seseorang blogger, janganlah sampai ketinggalan untuk ikut tergabung dalam suatu komunitas.

Di Jogja misanya, terdapat KBJ ( Komunitas Blogger Jogja) adalah wadah atau fasilitas efektif bersama bersama menambah wawasan dan pemikiran baru sekaligus meningkatkan jaringan persahabatan.

Bila beruntung, barangkali ada satu ataupun 2 orang yang tertarik sama website kamu dan mau untuk diajak bertukar backlink.

3. Catat Kabar Yang Lagi Banyak Dicari

Untuk bisa mendatangkan content bermutu terdapat bermacam- macam tipe jalur yang bisa dicoba, satu antara lain ialah dengan mengalami topik pembahasan yang sedang viral dan dibutuhkan.

4. Jalani Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama

Aktivitas blogwalking memanglah mulai ditinggal sebab dipandang lumayan menyusahkan serta kurang powerfull buat mengangkat status website pada hasil penelusuran.

Namun, bagaimana bila blogwalking dilaksanakan pada web ataupun website dengan topik pembahasan yang seragam? Silakan Kamu coba serta buktikanlah sendiri akibatnya.

Selain itu, apabila kamu tidak mau capek- capek blogwalking namun ingin mendapatkan backlink yang berkualitas, kamu bisa coba mendapatkannya melalui service marketplace backlink semacam Raja Backlink yang sudah dipercaya oleh ratusan pengiklan dari seluruh Indonesia.

5. Gunakan Tools

Supaya proses penelusuran backlink kamu semakin mudah, bisa digunakan tools seperti Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa memberikan informasi backlink dari website pesaing.

Dari informasi itu, bisa kamu pilah kemudian kamu tentukan apa yang bisa jadi sasaran untuk membuat link building yang lebih optimal.

Sayangnya, beberapa tools ini berbayar untuk beberapa layanan yang pro sehingga kamu harus keluar modal untuk memakainya. Tapi, Versi gratisnya sebenarnya sudah cukup membantu untuk berapa proses awal pengoptimalan backlink.

Cara Membuat Backlink Berkualitas

Sperti yang sudah diulas pada awal apabila backlink yang di tanam pada website yang memiliki authoriy tinggi di mata mesin perayap bisa menjadi backlink yang berkualitas bagus. Semakin besar authority di mesin perayap semakin bagus juga kualitas backlink yang dihasilkan.

Tingkat kepercayaan pada mesin perayap diukur dengan 2 aspek. 2 aspek itu yakni :

1. Memerhatikan Domain Authority

Domain authority atau umum dipersingkat dengan DA yakni dimensi kemampuan dari suatu domain website secara detail. Maka pada dasarnya DA adalah rangking nama domain yang ditandai dengan nilai diawali dari 0 hingga 100 untuk mengukur rangking nama satu domain. Semakin besar nilai DA nya  berarti website tersebut mendapatkan kepercayaan besar oleh mesin perayap untuk ditempatkan pada posisi teratas.

Karena itu langkah membuat backlink dengan tempatkan backlink pada website yang memiliki DA besar adalah langkah yang paling dicari. Hanya saja untuk mendapatkan bisa mendapatkan backlink website kamu di website dengan DA besar bukan pekerjaan mudah.

Untuk mengetahui berapakah besar nilai DA di sesuatu website bisa melalui moz.com ataupun websiteseochecker.com.

 Nilai dari Domain Authority sendiri dipengaruhi dari bermacam- macam factor.

Yang pertama yakni usia domain tersebut. Semakin lama umur domain karena itu semakin besar nilai DA nya. Kenapa begitu? Ini dikarenakan apabila website tersebut tahan lama maka automatis website bakal memandangnya sebagai website yang sangat dipercaya karena stabil  kehadirannya di jagat maya.

Kedua yakni reputasi dari website. Website yang populer adalah website yang sering dijadikan rujukan. Satu web yang bisa kita jadikan contoh adalah Wikipedia, website itu memiliki DA yang besar karena sering dijadikan rujukan.

Yang paling akhir adalah dimensi domain hal ini terkait denagn berapa banyak posting yang sudah dibuat oleh website. Semakin meningkat posting yang dibuat maka semakain banyak pula backlink yang terbentuk.

2. Memperhatikan Page Authority

Page Authority atau umum dipersingkat dengan PA yakni rangking pada satu halaman saja. Untuk mendapat nilai tinggi pada PA hanya bisa dilaksanakan dengan memaksimalkan content yang terdapat di halaman itu. Besar nilai PA satu halaman yakni 0 hingga 100. Dan nilai dari PA bisa Kamu check melalui moz. com ataupun websiteseochecker. com dengan masukkan URL halaman.

Karena ukuran Page Authority di dasarkan pada content yang dibuat maka pembuatan content website yang benar juga perlu menjadi perhatian khusus.

3. Penempatan Backlink yang Benar

Peletakan pada backlink memiliki pengaruh pada kemampuan backlink. Dengan penempatan backlink pada posisi yang memiliki kesempatan untuk di lihat dan di klik lebih besar. Contohnya adalah penempatan backlink pada konten artikel dipandang lebih bagus dibandingkan tempatkan pada posisi yang jarang- jarang orang melihatnya misalkan di footer ataupun atribution.

Penempatan backlink yang sesuai niche artikel juga lebih disukai mesin perayap. Selain itu backlink yang terpasang sesuai dengan isi content memberi peluang lebih besar untuk di klik karena orang yang melihat memiliki kebutuhan informasi yang sama dengan backlink yang ditempatkan pada konten artikel tersebut.

4. Memperhatikan jenis link backlink

Di dunia SEO ada  2 tipe backlink yaitu backlink nofollow dan bakclink dofollow. Link dofollow adalah link yang umum kamu kenali, yaitu link yang disaat kamu klik maka tertuju ke website ataupun halaman yang diharapkan oleh pembuat link backlink. Jenis backlink ini bernilai di mata Google. Dan kebanyakan backlink yang dipakai adalah jenis backlink dofollow

Link nofollow adalah link yang saat di klik ke arah web ataupun halaman yang diinginkan oleh pembuat link backlink tetapi tidak berharga di mata Google.

Link nofollow tidak begitu dianggap oleh mesin perayap sebagai backlink sebab link memiliki nilai 0. Walaupun banyak sekali ahli SEO yang masih tetap memilih untuk memuat  link nofollow dengan alasan agar content disaksikan lebih natural oleh mesin perayap.

5. Memberi link backlink yang berkaitan dengan content

Langkah membuat backlink dengan link yang berkaitan sangat mempengaruhi kemampuan backlink. Maksudnya adalah konten artikel yang akan diselipi backlink memiliki ide, niche atau bahasan yang sama dengan link backlink yang akan kamu tanam.

6. Pemakaian anchor text yang pas

Apakah yang diartikan Anchor Text?

Biasanya di sebuah posting pada website backlink yang akan di bagikan terdapat di sebuah text. Kamu tidak tahu nama web ataupun URL yang terpasang di artikel itu apabila kamu belum mengklik text yang telah ditanam link backlink tersebut. Text yang terlihat dan didalamnya terdapat link link tersebut yang diberi nama anchor teks.

Apabila kamu menulis artikel pada website dengan topik tertentu maka ancor text yang dipakai tentu saja jangan sampai perkataannya tidak keluar topik itu. Pemakaian ancor text ini terkait dengan kepercayaan content website sebab nilainya kembali terletak pada keterkaitan perkata yang digunakan.

Ringkasan

Dalam membangun suatu website kamu memerlukan backlink agar pengunjung dalam website kamu semakin banyak. Backlink jadi satu diantara faktor yang membuat mesin perayap Google memberi nilai lebih dan menempatkannya pada posisi yang baik.

Semakin banyak kamu membuat backlink maka semakin besar pula peluang website kamu mendapat posisi pertama dalam pemeringkatan mesin perayap. Namun, terdapat  hal yang penting yang perlu diingat adalah kamu tidak dianjurkan untuk membuat backlink spamming, karena itu bakal mempengaruhi mutu SEO kamu pada mesin pencarian.

Mudah- mudahan bermanfaat. 

Emka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wa