Pages

Bagaimana Cara Meningkatkan DA PA Blog Dengan Backlink

 Cara Menaikkan DA PA Blog – Saat ini banyak para pemilik blog yang ingin menaikan DA PA blog mereka mau itu menggunakan cara black hat seo atau juga dengan menggunakan teknik White Hat SEO. Menaikan Domain Authority blog sebenarnya ada caranya. Namun saat ini saya lihat banyak pakar seo diluar sana menaikan DA PA blog dengan cara yang tidak benar atau secara instan.

Maksud dari cara yang tidak benar disini, mereka memanfaatkan dan memanipulasi ranking moz dan ahref dengan menembakkan atau menanamkan backlink redirect google. Pada kasus ini backlink jenis redirect google, tidak terlalu berpengaruh untuk merangking kata kunci di google.


Jika Anda sangat familier dalam dunia blog atau artikel, Anda pasti sudah tidak asing dengan peringkat dalam hasil pencarian mesin pencari. Sebuah website yang berada pada peringkat atau ranking teratas sejatinya memiliki banyak keuntungan. Website mereka memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk dikunjungi oleh seluruh pengguna yang sedang mencari informasi tersebut.

Apa Itu Domain Authority (DA)

Domain Authority (DA) adalah metrik situs yang dikembangkan oleh Moz. Ini merupakan salah satu nilai paling penting untuk SEO. Semakin besar DA Anda maka semakin besar kemungkinan Anda untuk memiliki lalu lintas yang kuat dan memiliki peringkat tinggi.

Apakah otoritas domain sesuatu yang dapat Anda ubah, atau ada yang memberi nilai tersebut? Saya yakin ada hal-hal praktis yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah nilai penting ini.

Baca Juga :

Selain memiliki banyak pengunjung atau meningkatkan traffic, berada pada peringkat teratas dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk yang Anda jual. Hal ini khususnya sangat berdampak bagi mereka yang memiliki bisnis. Jadi bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk belajar cara meningkatkan domain authority website yang Anda miliki? Kalau begitu langsung saja kita pelajari semua hal mengenai domain authority dari awal hingga akhir.

Cara Cek Domain Authority

Setelah mengetahui penjelasan di atas, sekarang mari simak cara mengecek DA dan PA website. Cara cek domain dan page authority tidaklah sulit.

Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan situs penyedia layanan SEO tools dan domain checker. Contohnya seperti situs-situs berikut ini:

WebsiteSEOChecker merupakan salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk cek DA PA dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

Buka WebsiteSEOChecker di browser kamu.

Lihat pada sisi kiri laman, scroll ke bawah hingga menemukan menu Page Authority Checker dan klik opsi tersebut.

Setelah itu, masukkan domain yang akan kamu cek DA & PA di kolom yang tersedia.

Centang pada kotak “I’m not a robot”, lalu klik Check.

Hasil skor DA & PA beserta metrik lainnya akan langsung ditampilkan.

Situs lain yang menyediakan fitur pengecekan DA dan PA adalah Moz. Cara mengeceknya tidak jauh berbeda dengan situs lain, hanya saja kamu perlu melakukan pengecekan DA dan PA satu per satu (tidak sekaligus).

Moz memberikan hasil pengecekan yang lebih mendetail terhadap suatu website.

Cara cek DA & PA website dengan Moz adalah sebagai berikut:

Untuk mengecek DA dengan Moz, buka link https://moz.com/domain-analysis di browser

Masukkan domain yang ingin kamu cek otoritasnya pada kolom yang tersedia, kemudian klik Analyze Domain.

Hasil pengecekan akan langsung terlihat dengan tampilan skor domain authority, linking root domains, ranking keywords, dan spam score.

Jika di-scroll ke bawah, kamu bisa melihat hasil rincian penilaian lebih lanjut, mulai dari top pages, top linking domains, featured snippets, ranking keywords, hingga top search competitor website kamu.

Untuk mengecek PA dengan Moz, buka link https://moz.com/link-explorer

Masukkan domain di kolom, lalu klik Get Free Link Data.

Kamu diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu dengan mengisi form yang tersedia.

Setelah mengkuti instruksi yang disarankan, kamu bisa mendapatkan hasil cek PA yang kamu minta.

Faktor Penentu Peringkat Website

Kini Anda sudah mengenal apa itu domain authority dan page authority, saatnya Anda mempelajari apa saja yang menjadi penentu suatu website (baik secara keseluruhan atau hanya satu halaman dari suatu website) bisa berada pada peringkat yang pertama dalam halaman hasil mesin pencari. Coba Anda perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Jumlah Traffic

Suatu website dikatakan memiliki peringkat yang baik karena website tersebut telah dikunjungi oleh banyak orang. Jika semakin banyak orang, maka sebenarnya informasi atau isi konten yang termuat di dalamnya didapati berguna dan bermanfaat. Dengan kata lain, konten pada website tersebut memiliki konten yang berkualitas.

2. Kualitas Konten

Masih menyambung poin sebelumnya, website yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet mengartikan bahwa konten yang termuat dalam website tersebut adalah konten yang berkualitas. Berkualitas yang dimaksudkan berarti memuat informasi dan penjelasan yang berguna bagi yang membacanya. 

Konten yang dimaksudkan juga tidak harus selalu berisi tulisan. Konten yang baik bisa berupa gambar, ilustrasi, video, audio atau media lainnya yang dapat membantu pembaca atau pengguna mengerti apa yang dimaksudkan dari setiap penjelasan yang ada.

3. Terdapat Link Internal 

Pernahkah Anda melihat tulisan yang ditandai dengan warna biru dan digaris bawahi saat Anda membaca suatu artikel? Jika iya, pernahkah Anda melakukan klik pada tulisan yang ditandai tersebut? Benar, saat Anda klik tulisan yang ditandai warna biru dan digarisi, Anda pasti akan dibawa pada suatu halaman website. 

Rujukan ke suatu website ini ada dua jenis. Ada yang merujuk pada website kita dan merujuk pada website orang lain yang ingin kita rujuk. Sebutan internal link adalah sebutan dari satu atau beberapa kata yang sudah ditandai, yang memiliki fungsi membawa penggunanya ke suatu halaman website lain yang dimiliki website tersebut.

4. Terdapat Link Eksternal

Kebalikan dari link internal, link eksternal merupakan satu atau beberapa kata yang sudah ditandai dan berfungsi membawa pengguna ke halaman website milik orang lain. Rujukan pada website orang lain memiliki arti bahwa Anda ingin memberitahu pada pengguna yang membaca tulisan Anda bahwa tulisan yang telah Anda buat sedemikian rupa mengandung fakta dan bukan hanya berdasarkan asumsi atau opini Anda sendiri.

5. Jumlah Konten

Biasanya suatu website memiliki berbagai bagian yang memuat informasi yang berbeda. Bagian-bagian inilah yang dipisahkan pada berbagai halaman yang ada, supaya orang-orang yang mengunjungi website tersebut dapat menemukan informasi yang mereka cari berdasarkan pengelompokkan yang sudah dibuat. 

Semakin banyak bagian atau halaman pada website Anda, maka sistem dari mesin pencari akan menandai website Anda sebagai website yang berkualitas karena banyaknya konten yang telah dibuat pada website tersebut. Banyaknya konten yang terdapat pada sebuah website menandakan bahwa website tersebut telah dikelola dengan baik dan aktif. Keaktifan suatu website inilah yang juga membawa suatu website ke peringkat teratas pada halaman hasil mesin pencarian.

6. Engagement Rate

Engagement rate merupakan suatu nilai yang didapat dari banyaknya interaksi yang terjadi pada website tersebut. Hal ini bisa diukur dari banyaknya orang yang berkunjung ke website Anda. Tidak hanya berkunjung, tetapi durasi atau lama waktu yang dihabiskan seseorang pada website Anda juga diperhitungkan. 

Misalnya Anda membuka website ABCD untuk mencari tahu berita terkini. Jika tadinya Anda berniat untuk membaca sekilas, namun akhirnya Anda menghabiskan satu sampai dua jam, maka artinya Anda sedang menikmati apa yang tertulis di website tersebut. Ternyata informasi yang diberikan website tersebut sangat menarik hingga dapat membuat Anda bertahan di website tersebut selama berjam-jam. 

Tidak hanya itu, jika jumlah orang yang melakukan subscribe pada website Anda bertambah setiap hari, minggu dan bulan, ini juga menandakan bahwa engagement rate website tersebut cenderung tinggi. Jika engagement rate suatu website tinggi, maka algoritma pada mesin pencari akan menandai bahwa website tersebut didapati berguna, sehingga jika ditampilkan di urutan pertama pada mesin pencari maka akan ada lebih banyak orang yang bisa mendapatkan jawaban untuk pertanyaan mereka.

7. SEO Friendly

Saat membicarakan sebuah website, SEO tidak bisa dilepaskan dari padanya. Suatu website yang baik juga harus SEO friendly. SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu teknik yang digunakan untuk meningkatkan traffic pada suatu website. Website yang dikatakan SEO friendly adalah website yang mudah digunakan oleh para penggunanya. 

Proses loading yang cepat, desain yang menarik dan enak dilihat, dan memiliki jawaban dari pertanyaan yang dicari oleh pengguna merupakan beberapa ciri sebuah website yang SEO friendly. SEO biasanya dimulai dengan menaruh kata kunci yang tepat dan sesuai dengan isi tulisan yang dituliskan pada artikel tersebut.

Cara Menaikkan Da PA Domain Authority dan Page Authority Blog Website

Jika kita lihat dari faktor-faktor yang menentukan peringkat suatu website, sebenarnya kita tinggal meningkatkan atau mengupgrade website yang kita miliki dengan apa yang telah dijelaskan di atas. Dari penjelasan yang sudah dijelaskan, kita juga dapat menyimpulkan bahwa suatu website yang bisa berada pada tingkat pertama dalam halaman hasil mesin pencarian adalah website yang menjawab kebutuhan bagi para penggunanya. 

Jika pengguna merasa terbantu dengan keberadaan website tersebut, maka besar kemungkinan website itu akan ada di urutan pertama. Mesin pencari memiliki algoritma yang sudah diprogram sedemikian rupa untuk membantu para penggunanya mencari jawaban yang mereka butuhkan. Apabila website Anda belum juga masuk pada peringkat teratas padahal sudah lama digunakan, artikel ini untuk Anda. 

Apalagi Anda yang menggunakan website untuk berjualan, maka Anda harus memperhatikan cara-cara berikut ini.

1. Kualitas Konten

Kualitas konten yang Anda buat harus berkualitas baik. Konten dengan kualitas yang baik dapat kita uraikan menjadi dua poin:

Desain Menarik

Kata “menarik”, kemungkinan besar terdengar sangat klise. Akan tetapi Anda pasti mengetahui apa yang dimaksudkan dengan desain yang menarik. Memang, standar “menarik” yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Namun membuat website dengan desain yang menarik dapat Anda mulai dengan desain yang tidak mengganggu dan enak dilihat. 

Anda bisa menggunakan beberapa warna yang satu tone atau bahkan hanya menggunakan satu warna agar website Anda terlihat simpel. Saat ini, orang-orang bahkan lebih tertarik dengan desain website yang sangat simpel seperti berwarna putih dan memiliki warna serta jenis font yang terbaca dengan baik. Ketiga hal tersebut rasanya sudah cukup untuk membuat website Anda menarik. 

Hindari penggunaan warna yang bertabrakan dan mencolok. Warna-warna tersebut akan mengganggu pemandangan orang yang melihatnya. Intinya, padu padankan setiap warna dengan baik agar orang yang melihatnya dapat merasa nyaman. Selain itu, desain yang menarik bukan hanya soal komposisi warna dan tulisan. 

Lebih dari itu, desain berbicara mengenai susunan website yang ada pada website tersebut. Pastikan bahwa susunan website Anda sudah rapi dan sudah dikelompokkan sesuai kategori yang ada. Sebagai contoh, mana yang Anda pilih dari dua website berikut?

Website yang memiliki beberapa pengelompokkan.

Website yang dalam satu halaman terdapat berbagai macam informasi tanpa pengelompokkan.

Tentu Anda akan memilih yang A, bukan? Bayangkan jika Anda harus mencari informasi yang diperlukan dalam satu halaman website dengan banyak informasi. Akan sangat baik apabila informasi yang Anda perlukan berada pada bagian awal tulisan tersebut, tapi apa jadinya jika informasi yang Anda butuhkan berada pada bagian paling bawah dari tulisan tersebut? 

Bukankah Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menggulir website tersebut sampai bagian paling bawah? Belum lagi jika Anda melewatkan bagian yang dicari karena sudah terlalu pusing melihat tulisan yang sangat banyak dan tidak dikelompokkan itu. 

Sungguh sangat merepotkan Anda, bukan? Oleh karena itu susunan website tidak dapat Anda hiraukan saja. Jika website Anda terlihat rapi, banyak orang pasti akan sering mengunjungi website Anda.

Isi Bermanfaat

Poin di atas juga akan jadi sia-sia apabila tidak memiliki isi yang berguna. Anda harus memastikan bahwa website Anda tidak hanya mengandung asumsi dan opini, tetapi juga harus mengandung fakta. 

Tanpa adanya fakta dan data, website Anda tidak memiliki kredibilitas yang diperlukan oleh pengguna yang sedang mencari informasi. Pastikan untuk memberikan fakta dan data pada setiap artikel yang Anda tulis. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas website Anda di mata pengguna dan mesin pencarian.

2. Membuat Website Menjadi Aktif

Tidak berhenti pada poin pertama, Anda juga harus membuat website yang aktif. Aktif yang dimaksudkan ialah website yang terus mengunggah konten baru dan terus memperbarui versi websitenya. Konten-konten yang terus dibuat akan berdampak pada pertumbuhan pengunjung (atau traffic) dan membuat website Anda masuk dalam indeks database mesin pencari dan berdampak pada SEO website Anda. 

Jika hal ini terjadi, maka skor DA dan PA Anda pasti tinggi. Memperbarui website Anda (desain, fitur atau tulisan artikel) akan membuat website terindeks ulang oleh mesin pencari. Akibatnya, website Anda tidak akan dianggap ketinggalan zaman, karena website yang sudah lama tidak akan muncul pada peringkat pertama di halaman hasil mesin pencarian.

3. Gunakan Link Internal

Memasukkan link-link dari halaman website Anda yang lain akan berguna untuk meningkatkan DA dan PA Anda. Link yang ditaruh atau yang Anda rujuk, ada baiknya adalah link halaman website yang memiliki topik relevan dengan tulisan tersebut. Memasukan dua hingga tingga link sudah cukup untuk menaikkan skor dan peringkat Anda dalam mesin pencari. 

Biasanya, halaman website yang tidak memasukkan link internal akan berada pada urutan paling bawah. Dalam kata lain, skor DA dan PA akan menurun. Oleh karena itu jangan lupa untuk memasukan beberapa link sebagai rujukan atau rekomendasi Anda kepada para pengunjung atau pembaca.

4. Gunakan Backlink

Selain memasukkan link halaman website Anda yang lain, memasukkan link website milik orang lain juga dapat membantu Anda meningkatkan DA dan PA. Memasukkan link eksternal yang berkualitas membuat website Anda lebih kredibel dan dapat dipercaya. 

Link eksternal atau backlink juga akan meningkatkan engagement rate atau social signals dari website Anda. Saat Anda merujuk website lainnya, website Anda juga dapat dirujuk oleh website lain dengan topik yang masih relevan. Jumlah share atau rujukan yang meningkat, maka skor DA dan PA Anda juga akan semakin meningkat.

Baca Juga: Kriteria Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

5. Optimasi SEO On-Page

Optimasi SEO berarti meningkatkan kualitas dari konten yang Anda buat pada suatu halaman website Anda. Hal ini bertujuan agar artikel Anda semakin relevan dan dicari oleh para pengguna. Hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO adalah sebagai berikut:

Menggunakan meta tags, meta title dan meta description. Hal ini dilakukan dengan cara menaruh keyword yang relevan dengan artikel Anda pada judul, meta tags dan meta description, sehingga algoritma mesin pencari dapat menemukan website Anda.

Menggunakan struktur tulisan yang memudahkan pembaca dalam membaca tulisan Anda. Hal ini dilakukan dengan menggunakan heading sesuai dengan poin-poin yang ingin Anda highlights.

Menggunakan permalink yang singkat dan sederhana, supaya algoritma mesin pencari juga dapat menemukan website Anda.

6. Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Jika desain website Anda sudah dibuat dengan baik, kini Anda harus memastikan bahwa website Anda dapat dibuka dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Mari coba kita bayangkan. Jika Anda membuka suatu website untuk mencari suatu informasi, namun website tersebut hanya memberikan tampilan putih selama 10 menit. 

Anda sudah menunggu terlalu lama, bukan? Saat ada website yang memiliki proses memuat halaman yang lama, kita pasti langsung menutup halaman website tersebut dan mencari website lainnya. Jika begini, bukankah sia-sia semua desain dan konten yang telah dibuat untuk menarik hati para pembaca? 

Oleh karena itu pastikan bahwa website Anda sudah cukup responsif melakukan perintah-perintah yang diperintahkan oleh para pengguna. Kecepatan halaman website juga bisa di tingkatkan dengan cara menggunakan gambar, video, audio atau apa pun media yang memiliki ukuran file tidak terlalu besar. 

Jika cara tadi belum berhasil, Anda perlu memperhatikan hosting yang Anda gunakan. Bisa saja yang membuat proses memuat halaman website Anda lama adalah hosting yang bermasalah. Hosting yang Anda gunakan bisa mengalami error atau kesalahan teknis lain yang tidak Anda sadari. 

Oleh karena itu perhatikan keseluruhan aspek website Anda sampai pada hosting yang Anda gunakan. Kecepatan halaman website sebenarnya tidak berpengaruh langsung terhadap peringkat skor Anda di hasil halaman mesin pencari. Namun jika tidak diperbaiki, hal ini akan berdampak pada bounce rate website Anda. 

Bounce rate sendiri adalah persentase pengunjung atau pengguna internet yang langsung menutup halaman website setelah mereka membukanya. Penutupan halaman website dalam waktu yang singkat dapat berdampak pada menurunnya skor DA dan PA. Oleh karena itu Anda tidak dapat membiarkan website Anda dimuat dalam waktu yang lama.

7. Bagikan di Media Sosial

Sempat disebutkan sekilas pada salah satu poin di atas bahwa engagement rate atau social signals sangat penting dalam menaikkan domain authority dan page authority. Oleh karena itu jika konten dari website Anda ingin semakin dikunjungi oleh banyak pengunjung, Anda dapat membagikannya melalui akun media sosial yang Anda miliki. 

Anda bisa menaruh link website Anda pada deskripsi profil akun media sosial, sehingga setiap orang yang mengunjungi akun profil media sosial Anda dapat melakukan klik ke website Anda. Selain itu Anda juga bisa mempromosikannya lewat postingan yang dapat Anda buat dan unggah ke setiap media sosial yang ada untuk menjangkau lebih banyak pengunjung. 

Bagi Anda yang menggunakan website untuk berbisnis, Anda juga bisa menggunakan website Anda sebagai satu-satunya cara untuk melakukan order atau pembelian produk Anda. Dengan cara ini, setiap pelanggan jadi akan sering mengunjungi website Anda. Hal ini berdampak pada persentase traffic website. Dengan traffic yang tinggi, maka website Anda akan dihitung sebagai website yang aktif dan berkualitas. Akibatnya, website Anda akan memiliki skor DA dan PA yang tinggi.

8. Membuat Website Mobile Friendly

Membuatnya website mobile friendly, berarti membuat website Anda bisa dengan mudah dibuka dari handphone. Saat ini, meskipun laptop menjadi barang elektronik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, nyatanya orang yang menggunakan handphone tetap lebih banyak. Hal ini karena ukuran HP yang kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. 

Selain itu dengan HP yang kecil, Anda tetap bisa melakukan hal-hal yang Anda lakukan dari laptop. Oleh karena itu pasti banyak orang juga lebih banyak mengakses atau mencari informasi lewat HP mereka dibandingkan dengan laptop. Meskipun sudah banyak yang sadar, namun masih ada saja website yang tidak memiliki tampilan mobile friendly. 

Tampilan yang dimaksudkan adalah tampilan website yang mudah dibaca meskipun dibuka lewat HP pengguna. Pernahkah Anda membuka suatu website dari HP yang tampilannya aneh dan berantakan? Tulisan yang hanya terlihat dalam satu baris panjang ke bawah, tampilan gambar dan video yang terlalu besar dan tidak bisa di zoom out, semua ini harus Anda perbaiki. Jika website Anda sudah mobile friendly, maka traffic pada website Anda pasti akan meningkat.

Kesimpulan

Sebenarnya ada beberapa tips lagi yang bisa saya berikan namun hanya itu saja tips yang bisa saya berikan kepada kamu agar da pa kamu meningkat secara natural, sekian dan terimakasih semoga artikel ini bermanfaat.

Website Murah Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wa