Pages

Mengenal Arti Dari Backlink Dofollow & Backlink Nofollow Lengkap Dengan Manfaatnya


Sobat Backlinkers
, Seperti yang sudah dipelajari yang telah lalu, backlink merupakan komponen penting dalam optimasi situs web pada mesin pencarian. Backlink yang berkualitas akan lebih sukai mesin pencarian. Untuk lebih memudahkan kamu membuat link building, baiknya kita lebih dulu mengenal backlink berdasatkan jenisnya.

Berdasarkan jenisnya, backlink dibagi dalam 2 jenis yaitu Backlink DoFollow dan Backlink NoFollow.

Berikut penjelasan singkat yang coba saya jabarkan agar mudah di mengerti.

Apa Itu Backlink DoFollow

Sesuai dengan kata penyusunnya, Backlink DoFollow yang berasal dari kata "Do" dan "Follow" dalam bahasa inggris yang bila diartikan secara harfiah berarti "mengikuti". Jika terdapat sebuah link pada postingan artikel menuju ke situs lain dengan tipe Backlink Dofollow, maka website yang memberikan Backlink Dofollow akan secara langsung mengikuti tautan link tersebut sampai ke akar-akarnya.

Jadi, ketika search engine melakukan proses crawl atau perayapan pada sebuah postingan yang terdapat backlink dofollow maka secara otomatis link tersebut akan ikut terkena perayapan mesin pencarian tadi karena proses crawl dilakukan secara menyeluruh pada artikel tanpa terkecuali.

Untuk itu backlink dofollow sangat disukai dan sering digunakan oleh para pengelola situs web baik yang profesional maupun para blogger. Backlink dofollow terbukti cukup signifikan dalam membantu menaikan posisi website di mesin pencarian.

Manfaat Backlink DoFollow

Diantara manfaat backlink dofollow adalah :

Sebagai Direktori dan Sumber Daya Backlink Jangka Panjang

Apabila Situs Web kamu sukses nangkring di halaman pertama, tentu saja akan menjadi sumber daya backlink yang berkualitas dalam jangka waktu panjang karena situs web kamu akan sering di kunjungi oleh pencari informasi sesuai data yang ada di situs web kamu. Hali ini bisa didapat dengan adanya backlink berkualitas tinggi yang jadi direktori  yang membantu mengarahkan trafik ke situs web kamu.

Mendapatkan Referral Traffic

Karena backlink dofollow merupakan link asli dari permalink situs web kamu, tentu saja backlink dofollow lebih mudah dan cepat dalam meningkatkan trafik situs web kamu.

Mempercepat Proses Index

Backlink Dofollow merupakan jenis backlink yang paling cepat di index oleh Google karena sifatnya yang "do" sehingga Google akan memprioritaskan situs web kamu dn efeknya anak meningkatkan peringkat situs web kamu di mesin pencarian,

Meningkatkan Kredibilitas Situs 

Normalnya, seseorang yang mengunjungi dan membaca artikel kamu di sebuah situs web lain dan melihat link situs web kamu tercantum sebagai salah satu rujukan atau sumber maka ada peluang untuk mereka mengakses link tersebut untuk tahu lebih dalam tentang situs web sumber. Hall inilah yang disebut hubungan antar situs web yang berkualitas dan menaikan kredibilitas situs web kamu.

Membangun Otoritas Blog

Mendapatkan backlink Dofollow dari situs populer sangat baik untuk SEO. Namun, hal ini juga harus diimbangi dengan kualitas konten yang ada dalam situsmu. Ini juga membantu membuat situs mu sebagai sumber informasi, dan dapat mengarah ke situs yang menautkan ke konten mu, memberi mu backlink Dofollow alami, yang disukai Google.

Baca Juga :

Apa Itu Backlink NoFollow

Backlink jenis kedua adalah backlink nofollow. Dari arti kata penyusunnya, backlink nofollow yang terdiri dari kata "no" dan "follow" memiliki arti "tidak mengikuti. Dari arti bahasa saja bisa kita pahami bahwa backlink nofollow pada artikel apabila di crawl maka dia tidak akan diindeks oleh oleh mesin pencarian.

Meski begitu, bukan berarti backlink nofollow tidak baik untuk situs web kamu. Backlink Nofollow akan menjadi penyeimbang bagi backlink dofollow karena bila terlalu banyak pada sebuah situs web bisa saja Google menganggapnya sebagai spam dan membuat situs web kamu sulit bersaing di mesin pencarian.

Manfaat Backlink Nofollow

Diantara manfaat dari Backlink Nofollow adalah:

Mengurangi Spam pada Blog

Dengan adanya backlink Nofollow maka situs web kamu akan terlindungi dari banyaknya spam yang dapat mempengaruhi kualitas sebuah blog. 

Beberapa penerapan Backlink Nofollow yang sering kita lakukan adala pada :
  • Link komentar
  • Link menuju situs yang kurang dipercaya
  • Link review
  • Link afiliasi

Membuat Backlink Menjadi Natural

Perlu kamu ketahui bahwa Google lebih menyukai pencarian manual pada mesin pencarian dari pada melalui Backlink Dofollow karena akan menjadi backlink natural.

Meningkatkan Kekuatan Brand

Ketika seseorang membaca konten situs web kamu pad situs web lain, kamu dapat dengan cepat mengidentifikasi backlink yang terlihat dalam konten tersebut. dan ketika pengunjung melihat nama brand kamu terhubung dalam konten yang ada pada salah satu situs besar, tentunya ini akan meningkatkan kekuatan brand mu.

Sobat Backlinker, Demikian penjelasan singkat  mengenai 2 jenis backlink yaitu Backlink Dofollow dan Backlink Nofollow berikut dengan manfaatnya masing masing. Keduanya akan menjadi saling penyeimbang yang membantu situs web kamu meraih posisi tertinggi di mesin pencarian.

Namun untuk selalu diingat sebenarnya fokus utama backlink adalah untuk meningkatkan posisi organik pencarian blog, tetapi hal tersebut tidak lantas membuat hal tersebut menjadi satu-satunya faktor yang bisa kita manfaatkan. Karena backlink, juga sangat berperan untuk pengembangan brand.

Emka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wa